Motion Aid
FIND THE RIGHT SOLUTIONS

Not sure what you need? Follow the steps below.


Perbandingan Stairlift Indonesia, Model Mana Yang Terbaik?

Perbandingan stairlift Indonesia ini diharapkan bisa menjadi guidance / referensi bagi Anda ketika hendak ingin membeli stairlift, terutama curved stairlift atau lebih dikenal dengan stairlift untuk tangga berbelok.

Curved stairlift ini dapat mengakomodinir berbagai jenis bentuk tangga rumah Anda, seperti pada tabel dibawah ini.

Model stairlift curved ini bisa diadaptasi menyesuaikan bentuk tangga rumah Anda, sehingga apapun bentuk tangga Anda, bisa diadaptasi dengan custom curved stairlift.

Komponen yang penting dalam curved stairlift ini ada pada bagian relnya. Rel ini penting sebagai bagian lintasan yang digunakan mesin dari stairlift. Maka dalam artikel perbandingan stairlift Indonesia ini, kami akan fokus membahas kepada komponen rel ini.

Taukah Anda bahwa ada beberapa model tipe rel yang beredar di pasaran saat ini? Maka sangat penting tentunya bagi Anda untuk menimbang dan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari masing-masing bentul rel yang ada.

Secara umum ada tiga model rel yang tersedia yakni:

  1. Hollow Tube Rail
  2. Modular Flat Rail
  3. Custom Flat Rail

Apa saja keunggulan serta kelemahan dari setiap rel tersebut?

HOLLOW TUBE RAIL

Biasa model rel ini memiliki desain yang terdiri dari 1 pipa, atau 2 pipa disisi atas dan bawah. Identik dengan nama rel pipa, karena bentuknya seperti pipa pralon yang memberikan kesan kurang elegan dan kerap kali kurang estetik jika dipadu padankan dengan desain tangga rumah yang Anda miliki.

Secara keunggulan rel model ini seharusnya akan lebih murah dibandingkan model flat rail dan juga custom flat rail. Karakterstik rel ini lebih fleksibel karenanya sistem bending yang dilakukan ketika membuat pipa ini sangat mudah.

Mengapa begitu mudah? Karena bahan dari rel pipa ini “less rigid” dalam kata lain, kurang kokoh sehingga biasanya daya tampung stairlift juga dibawah dari rata-rata (pada umumnya dibawah 130kg).

Kekurangan lainnya ada pada bagian gear rack pada bagian rel hollow tube ini memiliki gear atau gigi yang persis terlihat ada dibagian belakang rail. Sehingga ada kemungkinkan baju seperti dress mungkin bisa terselip ke bagian tersebut.

Model stairlift ini biasanya diadaptasi oleh brand seperti Stannah, Savaria, Harmar, dan Handicare.

Secara umum, model hollow tube ini jika dibandingkan dengan modular flat rail menawarkan kenyamanan dengan pengoperasian yang smooth dan kecepatan mesin yang lebih baik. Namun jika dibandingkan dengan custom flat rail, akan lebih lambat dan memiliki pergerakan yang kurang stabil.

MODULAR FLAT RAIL

Model ini dikenal dengan stairlift dengan model papan, karena identik modelnya pipih seperti papan.

Namun sebenarnya model ini kurang direkomendasikan untuk pengunaan jangka panjang, karena model ini sebenarnya tidak benar-benar custom made dibuat meyesuaikan persis bentuk tangga Anda, melainkan penggabungan dari tiap-tiap bagian modul rel yang dipasang langsung di lokasi dan mencocokan komponen curved yang pas sesuai dengan tangga Anda.

Alhasil memang solusi ini memberikan keuntungan kecepatan instalasi, dan harga yang lebih murah dibanding model hollow tube dan custom flat model. Tapi disayangkan karena bentuk rel tidak diproduksi khusus mengikuti bentuk tangga Anda, maka ada kemungkinan rel tidak pas, atau memiliki offset yang sangat menonjol dan menjorok keluar, tentunya akan memakan area tangga dan tidak sedap dipandang mata.

Karena model ini juga menggunakan buat-baut untuk mempersatukan komponen rel nya, maka ada kemungkinan bahwa stabilitas stairlift akan kurang stabil, dan juga ada nya bumpy ride ketika melewati area bagian sambungan.

CUSTOM FLAT RAIL

Sedangkan untuk tangga dengan model custom flat rail ini, biasanya lebih kuat dan lebih durable dibanding dengan modular flat dan hollow tube. Sehingga kapasitas daya tampung biasanya diatas 130kg.

Pada model ini survey juga biasanya menggunakan phogrametery, yakni sistem survey menggunakan kamera dan objek yang diletakkan pada tangga, lalu bisa mendapatkan 3D Design dari tangga yang akan dipasang stairlift. Sangat berbeda dengan modular flat rail, sistem ini membuat rel akan lebih presisi dan mepet rapat ke kiri atau kanan dari tangga.

Model ini juga berbeda dengan model hollow tube rel yang memiliki gigi / gear yang terlihat dibalik rail. Model ini tidak menggunakan sistem tersebut melainkan sistem track dimana roda pada mesin akan berjalan pada track yang ada dibalik rail.

Dengan metode ini maka tentunya akan lebih safety.

Dikarenakan desain rel yang presisi, maka stabilitas ketika menggunakan stairlift ini lebih stabil dan cenderung lebih cepat dibanding modular flat rail dan hollow tube rail.

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan dibanding hollow tube dan modular flat rail, tentu model custom flat rail ini cenderung lebih mahal. Namun tentunya sebanding dengan fitur yang ditawarkan, terlebih estetika bentuk rel yang lebih manis.

Model custom flat rail ini digunakan oleh Bruno yakni perusahaan stairlift dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 1984.

MotionAid selaku distributor Bruno di Indonesia, dapat membantu Anda untuk berkonsultasi secara gratis dan memberikan survey untuk mencari solusi yang tepat untuk tangga rumah Anda.

Berikut merupakan contoh video dari custom flat rail:

Semoga artikel perbedaan stairlift Indonesia ini, bisa menjadi referensi bagi Anda ketika hendak membeli stairlift.

Menarik sekali jika ada penawaran dengan harga murah, pemasangan yang cepat. Tapi hal tersebut, memiliki kekurangan tentunya pada durabilitas serta kenyamanan jangka panjang.

Namun perlu Anda perhitungkan bahwa stairlift ini adalah investasi untuk jangka panjang, sehingga Anda harus berfikir dengan matang, pilihlah stairlift yang memberikan penawaran paling terbaik, baik dari segi fitur, pengalaman, kenyamanan, keamanana, serta after sales service untuk Anda ataupun orang tua Anda.