Motion Aid
FIND THE RIGHT SOLUTIONS

Not sure what you need? Follow the steps below.


Produk MotionAid Ditanggung BPJS Kesehatan

Mobility aids merupakan istilah yang nampaknya belum begitu familiar di Indonesia.

Padahal mobility aids ini seringkali kita jumpai seperti kursi roda dan tongkat, dan juga kruk penyangga tubuh sebagai alat bantu gerak.

Lalu apakah mobility aids tersebut? Dan apakah manfaatnya?

Mari kita simak lebih lanjut.

Arti mobility aids

Mobility aids adalah suatu alat yang dirancang untuk membantu dan meningkatkan mobilitas bagi orang yang memiliki keterbasatan gerak.

Dengan adanya alat ini maka penyandang disabilitas, lansia, pasien stroke, dan pengguna kursi roda akan sangat terbantu.

Mereka akan dimudahkan karena ruang gerak  semakin terbuka dengan alat bantu tersebut, sehingga tercipitalah ruang lingkup ramah aksesibilitas.

Apakah manfaat mobility aids?

Mobility aids secara singkat memiliki manfaat untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan mobilitas untuk bisa melakukan aktivitas / mobilisasi dengan lebih mudah.

Ternyata mobility aids itu beraneka ragam dan bermacam-macam, mari kita lihat dan pelajari manfaat dari masing-masing alat bantu jalan tersebut.

Walking Aids

Berdasarkan referensi dari data BPJS kesehatan, bahwa waalking aids dalam bentuk kruk penyangga tubuh merupakan salah satu alat yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Cruthces / Kruk

Crutches atau lebih dikenal dengan kruk merupakan alat bantu jalan yang digunakan untuk mensupport pergerakan yang bertitik tumpu pada lengan bagian atas (ketiak) yang digunakan disebelah kiri dan kanan.

Mengutip informasi dari BPJS Kesehatan, bahwa kruk ini dapat ditanggung dengan ketentuan:

Diberikan pada pasien dengan rekomendasi dari dokter spesialis bedah tulang (ortopedi) di faskes rujukanb. Pasien dapat menerima kruk sebagai alat bantu gerak sebanyak maksimal 1 kali dalam jangka waktu 5 tahun.

Jika terdapat indikasi medis yang membutuhkan alat-alat kesehatan atau alkes, maka pasien bisa mengikuti prosedur untuk mendapatkan alat bantu. Layanan kesehatan dalam program JKN oleh BPJS Kesehatan ini memang memiliki alurnya sendiri yang harus dilewati, sampai pasien berhak menerima alat bantu yang dibutuhkan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Pasien mendapatkan resep alat kesehatan dari dokter spesialis di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).
  2. Pasien harus mengurus legalisasi atau pengesahan resep alat kesehatan ke kantor BPJS Kesehatan.
  3. Pasien membawa Surat Eljibilitas Peserta (SEP) atau salinannya beserta resep yang telah dilegalisir, sebagai syarat mengambil alat kesehatan melalui Instalasi Farmasi Rumah Sakit, atau melalui jaringan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  4. Fasilitas kesehatan yang dituju akan melakukan verifikasi resep dan berkas, kemudian menyerahkan alat kesehatan tersebut.
  5. Pasien menandatangani bukti penerimaan alat kesehatan.

Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan melayani klaim untuk alat kesehatan, sesuai dengan plafon yang berlaku. Faskeslah yang akan mengajukan penggantian biaya kepada BPJS Kesehatan, sehingga pasien tidak perlu melakukan penagihan.

Untuk kruk tersebut, MotionAid memiliki kruk dengan desain modern dan juga memiliki beberapa fitur yang terdapat pada M+D Crutch ini.

Fitur yang sangat membedakan kruk modern ini dengan kruk standar pada umumnya, adalah desain dimana kruk dititik beratkan pada siku pengguna, bukan ketika pengguna, sehingga ketika tangan ingin digunakan untuk mengambil barang, pengguna tetap bisa melakukannya karena kruk tertempel pada siku pengguna.

Secara garis besar walking aids akan memberikan manfaat seperti:
1. Meningkatkan stabilitas
2. Meminimalisir aktivitas anggota badan bagian bawah
3. Memberi bantuan gerakan
Tak hanya itu saja, ternayata ada juga pengganti / subtitusi dari alat-alat bantu jalan tersebut, dimana pengguna hanya cukup mengoperasikan alat bantunya dalam posisi duduk, diantaranya:
Apakah ada mobility aids yang lainnya?

Ya tentu saja! Simak pada artikel berikut ini:

Industri mobility aids Indonesia sedang dalam tahap perkembangan, mengingat faktor demografi yang terus bertambah, sehingga mengindikasikan bahwa warga senior / lansia juga akan terus bertambah.

Sehingga solusi seperti ini akan sangat membantu mereka untuk bisa mandiri dalam bermobilisasi, dan tentu membantu family caregivers dalam mendukung aktivitas mobilisasi.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada keluarga, teman, dan orang yang anda kasihi, caranya mudah cukup klik tombol share yang ada dibawah ini!