Motion Aid
FIND THE RIGHT SOLUTIONS

Not sure what you need? Follow the steps below.


Alat Bantu Mobilisasi Pasien Geriatri

Seiring bertambahnya usia, orang lanjut usia / lansia mengalami fase aging, dimana merupakan proses alamiah yan terjadi terus menerus dan dimulai sejak manusia
dilahirkan.

Namun bagi kalangan lansia yang sudah memasuki usia diatas 60 tahun, mulai terjadi penuruan fungsi sistem organ seperti sistem sensorik, saraf pusat, pencernaan, kardiovaskular, dan sistem reparasi.

Selain itu terjadi pula perubahan komposisi tubuh, yaitu penurunan masa otot, peningkatan masa dan sentralisasi lemak, serta peningkatan lemak intramuskular.

Masalah yang sering dijumpai pada pasien geriatri adalah sindrom geriatri yang meliputi: imobilisasi, instabilitas, inkontinensia, insomnia, depresi, infeksi, defisiensi imun, gangguan pendengaran dan penglihatan, gangguan intelektual, kolon irritable, impecunity, dan impotensi.

Dari beragam masalah tersebut, MotionAid selaku penyedia solusi mobilitas untuk kaum disabilitas dan warga lanjut usia, dapat membantu memberikan solusi tepat, khususnya dalam mendukung keterbatasan dalam lingkup mobilisasi dari pengguna.

Apa yang dimaksud dengan imobilisasi?

Imobilisasi adalah keadaan tidak bergerak/ tirah baring selama 3 hari atau lebih, diiringi gerak anatomis tubuh yang menghilang akibat perubahan fungsi fisiologis. Imobilisasi menyebabkan komplikasi lain yang lebih besar pada pasien usia lanjut bila tidak ditangani dengan baik. Gangguan keseimbangan (instabilitas) akan memudahkan pasien geriatri terjatuh dan dapat mengalami patah tulang.

Untuk menghindari masalah tersebut, MotionAid memiliki berbagai macam solusi aksesibilitas yang dapat menunjang, agar kaum lansia (lanjut usia) dapat tetap beraktivitas didukung oleh alat bantu dari MotionAid, yang meliputi solusi seperti:

1. Rintangan Tangga Rumah

Bahaya utama yang menjadi tantangan dari mereka adalah tangga. Terutama bagi mereka yang sudah menggunakan alat bantu seperti kursi roda, atau pun tongkat, tentu akan sangat beresiko bagi mereka.

Solusi yang bisa dipilih untuk mengatasi hambatan tangga yang ada di rumah bisa dibagi menjadi empat jenis, yakni: ramp, stairclimber, stairlift, dan inclined platform lift.

Setiap solusi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang akan kita bahas lebih lanjut agar dapat menciptakan rumah ramah aksesibilitas bagi lansia / kaum difabel yang nyaman.

Solusi paling ekonomis dan praktis adalah ramp, karena hanya perlu diletakkan saja pada area tangga, ringan dan praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Namun Anda harus lebih cermat dalam memilih jenis ramp, karena ada berbagai macam ramp dengan ukuran lebar dan panjang yang berbeda-beda, untuk lebih detailnya dapat dilihat disini.

Selanjutnya adalah stairclimber, merupakan alat yang dapat membantu pengguna untuk bisa naik tangga dengan alat yang dapat menaiki tiap-tiap anak tangga secara perlahan dengan kekuatan dari mesin. Berbeda dengan ramp, dimana diperlukan tenaga caregiver untuk mendorong, pada solusi ini caregiver hanya perlu mengarahkan saja dan menekan tombol untuk naik / turun.

Solusi ini termasuk solusi yang praktis jika Anda memiliki banyak tangga, sehingga cukup dengan satu alat ini, dapat mengakomodinir rumah ramah aksesibilitas bagi lansia, tidak perlu menggunakan ramp untuk setiap tangga rumah yang Anda miliki.

Secara harga stairclimber ini berada diantara ramp dan juga stairlift. Untuk informasi lebih lanjut mengenai stairclimber dapat Anda lihat disini.

Solusi yang optimal yang dapat memudahkan lansia dalam mandiri melewati hambatan tangga tersebut adalah stairlift.

Solusi ini dapat dipasangkan pada tangga rumah Anda baik itu lurus, ataupun berbelok-belok. Kami dapat memasang railing tersebut dengan rapi baik di sisi kiri ataupun kanan dari tangga rumah Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai stairlift, dapat Anda lihat disini.

Sedangkan untuk solusi dari inclined platform lift, ini lebih tepat jika pengguna tersebut tidak dapat berpindah dengan mandiri, yakni harus tetap berada di kursi roda miliknya.

Maka dengan alat ini kursi roda berikut dengan pengguna yang duduk diatasnya, dapat mengakses naik / turun tangga dengan platform tersebut, untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini.

2. Ganti Pintu Anda

Permasalahan yang harus segera Anda benahi adalah mengganti pintu rumah Anda.

Karena bagi lansia atau pun pengguna kursi roda, akan kesulitan membuka pintu dengan sistem push / pull.

Alangkah lebih baik jika pintu tersebut diubah menjadi pintu geser, atau bila memungkinkan pintu diganti menjadi model curtain saja, sehingga lebih memudahkan dan menciptakan rumah ramah aksesibilitas bagi mereka.

3. Upgarde Toilet Anda

Salah satu hal yang perlu juga diprioritasikan untuk segera diupgrade menjadi rumah ramah aksesibilitas adalah area toilet / kamar mandi.

Tentunya hal ini perlu Anda lakukan demi memberikan kenyamanan, serta keamanan bagi mereka.

Banyak sekali solusi upgarde yang dapat Anda tingkatkan pada area kamar mandi Anda, seperti toilet lift / toiler raiser, hingga juga height adjustable washbashin, untuk segala jenis keperluan bath safety, dapat Anda lihat disini.

Anda bisa mulai dari menambahkan grab rail, didekat area toilet, untuk memudahkan bagi mereka yang hendak duduk atau beranjak dari toilet.

4. Pool Lift untuk Kolam Renang Anda

Berenang bisa menjadi alternatif untuk terapi dan meningkatkan kebugaran, namun bagi mereka yang memiliki keterbatasan, tentu sulit untuk bisa akses turun ke dalam kolam renang, ataupun sebaliknya ketika hendak naik dari kolam renang tersebut.

Maka dari itu diperlukan solusi yakni pool lift, sebagai alat bantu mereka, lebih jelasnya dapat Anda lihat disini.

5. Menata Ulang Furnitur

Terkadang solusi yang paling terbaik adalah mulai dari yang paling mudah. Seperti contoh, dimana Anda berpikir kira-kira bagaimana cara membuat rumah menjadi lebih aksesibel.

Anda bisa mulai dari mengorganisir kembali ruang yang ada di rumah Anda, agar bisa lebih leluasa bagi mereka.

Terkadang kita tidak sadar bahwa beberapa ruang tersebut tidak cukup luas untuk dapat diakses oleh pengguna kursi roda. Solusi ini tentunya membuat Anda harus menata ulang dan memikirkan kira-kira untuk re-arrange setiap furnitur tersebut.

Setelah Anda mengetahui solusi rumah ramah aksesibilitas bagi lansia atau pengguna kursi roda, selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan juga bagaimana untuk meningkatkan aksesibilitas pada kendaraan Anda, mungkin terkadang Anda mengalami kesulitan ketika orang tua lansia atau pun pengguna kursi roda hendak akses naik / turun dari mobil, beberapa solusi ini dapat menjadi jawaban dari permasalahan Anda.

Dengan hadirnya macam-macam alat bantu jalan tersebut akan memudahkan bagi lansia, orang tua, penyandang disabilitas, kaum difabel, dan penderita stroke untuk meningkatkan aksesibilitas mereka untuk bisa beraktivitas dengan mandiri, bertemu dengan sahabat, dan juga berkomunikasi dengan keluarga tercinta tanpa ada halangan lagi.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kita semua! Silahkan ceritakan dan bagikan artikel ini ke teman, keluarga, saudara, dan rekan-rekan anda untuk menginspirasi mereka.